Program LSM Farabi

Berikut ini adalah program-program, hasil kegiatan, sektor-sektor program sudah dilaksanakan dan atau proyek yang sedang diselesaikan oleh LSM Farabi:
1. Bekerjasama dengan Yayasan Masjid Sabillilah Surabaya dengan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi anak yang tidak mampu di Pondok Pesantren Sabilillah, Santri yang terdaftar penerima bantuan ada 3 (tiga) santri, 2 (dua) laki-laki dan 1 Perempuan (yatim piatu), dari 30 santri yang terdaftar dalam pondok pesantren Sabillilah, Lidah Wetan, Surabaya dari tahun 2003-2005.

2. Bekerjasama dengan Yayasan Masjid Istiqbal Surabaya dalam memberikan bea siswa untuk 8 siswi dan 6 siswa, dari jumlah 90 siswa-siswi yang terdaftar di SD Istiqbal, Ngagel Rejo, Surabaya, dari tahun 2003-2005.

3. Bekerjasama dengan Muslimat NU, Ngagel Rejo dalam memberikan bimbingan dalam meningkatkan pengembangan masyarakat melalui kerjasama dari tahun 2004-2005.

4. Menjalin kerjasama dengan UN–WFP (United Nations - World Food Programme) Sejak bulan Agustus tahun 2005 – Maret 2008, Diantara program UN–WFP (bekerjasama dengan MENKOKESRA) yang dilaksanakan LSM FARABI adalah CDP (Community Development Programme) di Propinsi Jawa Timur yang lokasinya telah ditentukan Pemerintah berdasarkan Daerah yang Dikatagorikan Daerah Tertinggal dalam mengatasi kemiskinan, antara lain, yaitu Kabupaten Sampang, Bondowoso, Pamekasan, Bangkalan, Sumenep dan Gresik. Program CDP (Community Development Programme) yang dilaksanakan LSM FARABI di Kabupaten Bondowoso adalah pengadaan sarana Air bersih / pengeboran sumur Artesis dan membangun tempat MCK (mandi, Cuci dan Kakus). Adapun lokasinya di Dusun Maradinan, Dusun Lumbung dan Dusun Jerukan Desa Kejayan Kecamatan Pujer. Dusun Karang Jawa dan Dusun Krajan Desa Jumpong Kecamatan Wonosari. Dusun Krajan dan Dusun Kajaran Desa Padasan Kecamatan Pujer.

5. Pendidikan
a. Berusaha untuk mendirikan institusi pendidikan yang terampil dalam membantu masyarakat kalangan bawah yang mempunyai kesulitan mengakses pendidikan formal dan non formal karena alasan ekonomi.
b. Berusaha untuk mendirikan perwakilan, dan institusi pendidikan formal yang tergabung untuk kemanfaatan / kepentingan masyarakat.
c. Program Pemberantasan Buta Aksara / Literacy Training (LT) untuk ibu-ibu usia produktif (15 - 44 tahun), di Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, merupakan hasil kerja sama dengan UN-WFP dan Pemerintah RI Mulai Bulan Agustus Tahun 2007s/d saat ini.
d. School Feeding Programme (SFP) yaitu kegiatan LSM Farabi yang bekerja sama dengan UN-WFP dan Pemerintah RI dalam, pemberian makanan tambahan (biscuit) pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo Mulai Bulan Agustus Tahun 2007 s/d saat ini.

6. Sosial
a. Berusaha untuk mendirikan unit layanan kesehatan masyarakat dan pengobatan.
b. Berusaha untuk mendirikan layanan-layanan perencanaan yang ramah lingkungan dan unit pengembangan perumahan masyarakat.
c. Berusaha untuk mendirikan unit bantuan masyarakat khususnya untuk korban polusi industri dan bencana alam.


7. Bekerja sama dengan UN-WFP dan Pemerintah RI dalam Possitive Deviance Programme (PD) / Program Pos Gizi, untuk anak balita malnutrisi, di Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Mulai Bulan Oktober Tahun 2007s/d saat ini.

8. Bekerja sama dengan UN-WFP dan Pemerintah RI dalam Vocational Training (VT) / Program Pelatihan Kerja untuk Para Remaja Putra – Putri di Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Mulai Bulan Januari Tahun 2008 s/d saat ini.

9. Bekerja sama dengan USAID–ESP (United Stated Agency International Development – Environmental Services Programme) dalam Program Small Grant, dengan pengadaan Sarana air bersih di RT. VII, RW. 02 Kelurahan Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Sejak Januari 2008 s/d saat ini.

10. Program Pemberdayaan Peranan Wanita.
a. Berusaha untuk meningkatan peranan wanita secara aktif yang mengarah pada potensi dan karakter mereka.
b. Nutrition Rehabilitation Program (NRP) / Program perbaikan Gizi, yaitu Pemberian bantuan berupa mie untuk ibu hamil dan menyusui, dan biscuit untuk balita melalui kegiatan Posyandu, merupakan hasil kerja sama dengan UN-WFP dan Pemerintah RI, wilayah Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, sejak Mei 2007 s/d saat ini.